Macam Jaringan dan Jarak Maksimum

Artikel Teknologi Komputer

Perbedaan LAN, MAN dan WAN di Dalam Jaringan Komputer - Berikut ini merupakan materi untuk Jaringan Komputer

Kronologi : 
"Jika Anda bekerja dengan komputer yang tidak berhubungan dengan komputer lain, maka Anda dikatakan bekerja secara Stand Alone. Jika komputer Anda berhubungan komputer dan peralatan lain, atau membentuk suatu grup, maka bentuk hubungan ini diistilahkan dengan jaringan atau network. Komputer dapat saling berhubungan dan mengatur sumber data yang ada karena adanya sistem jaringan (Networking)."


 "Jaringan komputer" , apa sih itu Jaringan? Jaringan adalah Sekelompok komputer yang saling berhubungan satu dengan yang lain melalui media komunikasi (kabel, nirkabel). Media Jaringan antara lain :

Media jaringan kabel :
a. Kabel UTP
b. Kabel Koaksial
c. Kabel Serat Optik

Media Jaringan Nirkabel :
a. Gelombang Radio
b. Gelombang Mikro
c. Infra Red

Kecepatan media jaringan di atas berkisar antara 10 mb/s - 1000 mb/s. Dengan adanya Jaringan, memudahkan komputer untuk saling berhubungan dan sharing data satu dengan yang lain. 


Berikut beberapa jenis Jaringan yang sering ditemui, yaitu :

1. LAN (Local Area Network)


Jaringan yang menghubungkan komputer pribadi dan workstation dalam suatu tempat yang menggunakan perlatan secara bersama-sama dan salaing bertukar informasi. Radius jarak maximal LAN adalah 10 km.



Jaringan Local Area Network (LAN) merupakan jaringan yang cukup populer karena jaringan jenis ini jaringan yang kecil, 2 komputer saja yang saling terhubung bisa disebut dengan LAN

Local Area Network


Jaringan LAN merupakan jenis jaringan yang banyak dipakai karena tidak membutuhkan perangkat yang terlalu banyak. Hanya saja LAN digunakan untuk ruang lingkup yang cukup kecil. Seperti, Lab Komputer Sekolah, Warnet, Home Network, Perkantoran. Dan jarak yang bisa ditempuh antar komputer adalah 5-10 Km. Suatu Jaringan LAN biasanya bekerja pada kecepatan 10-100 Mbps. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch. Dan saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Ada pula karakteristik dari Jaringan LAN, yaitu :

  1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
  2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
  3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Jarak Antar Prosesor LAN:
10 m Ruangan
100 m Gedung LAN
1 km Kampus


2. MAN (Metropolitan Area Network)



Alternatif jaringan/Jaringan yang menghubungkan jaringan LAN yang masih dalam wilayah satu kota. Radius jarak maximal MAN adalah 10 - 50 km

Metropolitan Area Network




Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN adalah Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepaMetropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya


jarak Antar Prosesor MAN:

                10 km Kota
                100 km Negara


3. WAN (Wide Area Network)


Wide Area Network


Jaringan yang menghubungkan komputer atara jaringan LAN dalam area yang lebih luas dan dihubungkan melalui telepon atau satelit, WAN sering disebut juga Internet

WAN dirancang untuk menghubungkan komputer-komputer yang terletak pada suatu cakupan geografis yang luas, seperti hubungan kota antar kota di dalam suatu negara bahkan antar negara.  Jarak yang bisa ditempuh oleh suatu jaringan WAN berkisar pada 100 KM – 1000 KM. Dan mempunyai kecepatan antara 1.5 Mbps – 2.4 Gbps. Dalam WAN biaya untuk peralatan transmisi lebih tinggi, karena memerlukan perangkat yang lebih banyak lagi dan biasanya membutuhkan suatu Router, dan biasanya jaringan jaringan WAN dimiliki dan dioperasikan oleh jaringan publik.
Jarak Antar Prosesor WAN
1000 km Benua


REF
Share on Google Plus

About Key Master Solution

Coba menekunin apapun yang kamu kerjakan.

0 comments:

Post a Comment