Pengertian & Jenis-Jenis Mainboard

komputer seperti prosessor, RAM, dan komponen lain. Meskipun mainboard tidak secara

langsung tergolong sebagai alat proses, namun keberadaannya sangat penting dalam

komputer. Fungsi mainboard antara lain mengorganisasikan, mengatur dan menentukan
alat yang terpasang pada komputer. Chipset dan program BIOS yang terdapat pada
mainboard berfungsi untuk mengatur dan mengkomunkasikan data maupun informasi yang
diproses di komputer.
Gambar Mainboard

 Jenis - Jenis Mainboard

1. AT baby / AT

Motherboard Jenis AT yaitu format yang digunakan dalam 386 serta 486 komputer pertama. kemudian format tersebut diganti oleh format ATX, dimana formar ini membentuk sirkulasi udara yang lebih baik dari sebelumnya sehingga lebih mudah untuk mengakses komponen-komponen komputer. 
 2. ATX 

Jenis dari motherboard ATX dapat di upgrade ke AT baby. Hal itu di maksudkan untuk meningkatkan kemudahan bagi anda. Jenis-Jenis Motherboard ini di rancang untuk menancapkan peripheral semudah mungkin (misalnya, IDE konektor yang terletak di samping disk). Jenis dari motherboard ini adalah Standar ATX, mikro ATX, Flex-ATX dan mini-ATX.

 3. BTX

Jenis Motherboard BTX lebih di maksudkan untuk mendukung jenis Intel yang di rancang untuk memperbaiki pengaturan komponen, sehingga untuk mengoptimalkan sirkulasi udara, akustik, dan pengendalian panas. Konektor dalam motherboard ini di pasang secara paralel ke arah di mana udara mengalir. Kabel listrik BTX adalah sama dengan pasokan listrik ATX.  
 4. ITX.

a. Mini-ITX b. Nano-ITX Motherboard ITX adalah format dari ( Teknologi Informasi extended ). Motherboard jenis ini di dukung oleh Via, adalah format yang sangat kompak yang dirancang untuk konfigurasi miniatur seperti mini-PC. Sedangkan jenis yang sama dengan motherboard ini adalah mini-ITX dan nano-ITX.
Share on Google Plus

About Key Master Solution

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment