PENGERTIAN DAN CARA KERJA PROCESSOR

Prosessor (CPU, untuk central processing unit) dalam bahasa kasarnya adalah otak dari computer. Processor adalah suatu komponen (biasanya wujud fisiknya berupa chip ) yang terletak dalam suatu system computer yang berfungsi sebagai unit pusat pemroses atau pengolah data dan intruksi. Cara kerja prossor adalah menjalankan sekumpulan intruksi mesin yang memerintahkan prosessor apa yang harus dilakukan. Ada 3 fungsi prosessor dalam hal dasar :
  1. Menggunakan ALU (Aritmatic Logic Unit) bertugas melakukan operasi aritmatika seperti penjumlahan , pengurangan, perkalian, dan pembagian mikro prosessor modern mengandung floating poin unit yang mampu melakukan operasi yang sangat komplek paada angka yang besar.
  2. Memindahkan data dari satu lokasi memori ke lokasi lainya.
  3. Mengambil keputusan dan melompaat ke instruksi lain sesuai keputusan itu.
Setiap chip prosessor computer sekarang ini adalah kepingan yang terukir dengan skala nanometer, membentuk miliaran transistor secara bersama-sama membentuk prosessor dari computer hari ini produsen chip telah mencapai batas dalam hal jumlah transistor yang terdapat pada chil silicon dan tidak membuatnya menjadi chip multicore. Terdapat dua ,empat atau enam chip yang bekerja dan terkordinasi pada processor saat ini. Disain milticore ini telah membantu pembuatan chip seperti intel melewati hambatan clocking  frekuensi dan memciptakan chip lebih cepat.
Chip prosessor ini adalah otah dari computer yang fungsi utamanya adalah mengontrol sebuah atifitas computer itu sendiri.

Fungsi Processor dalam komponen komputer sangat penting sekali, karena processor merupakan pusat pengendali dan memproses kerja sebuah komputer. Processor sendiri pada umumya hanya berfungsi untuk untuk memproses data yang di terima dari masukan atau input, kemudian akan menghasilkan keluaran atau output.

Cara kerja processor akan terus terhubung dengan komponen komputer yang lainnya, terutama hardisk dan RAM. Fungsi Processor juga di gambarkan sebagai otak dari sebuah komputer itu sendiri, di mana setiap data akan melalui processor mengeluarkan atau output yang sepatutnya. Processor juga dikenal sebagai Central Processing Unit atau ringkasan CPU.

Processor hanya dapat mengenali bahasa mesin yaitu dengan notasi bilangan biner yang hanya berupa 2 angka saja yaitu 0 dan 1 (01010101). Bilangan biner merupakan notasi untuk perangkat elektronik di mana bilangan nol (0) menandakan tidak terdapat sinyal listrik dan bilangan satu (1) menandakan adanya sinyal listrik.

Pada awalnya fungsi processor hanya untuk pengolahan aritmatika saja, seperti  kalkulator pada saat ini. Namun sekarang ini processor telah bergeser fungsinya mengarah ke multimedia.
Share on Google Plus

About Key Master Solution

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment