Analisis Artikel yang Berhubungan dengan Seni Apa itu Seni dan Pengertian Seni Kontemporer

Analisis Artikel Seni Seni dan Seni Kontemporer

 “Seni pada mulanya adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini seni bisa dilihat dalam inti sari ekspresi dari kreativitas manusia. Seni juga dapat diartikan dengan sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan, seni sendiri banyak sekali macamnya; seni rupa, seni music, seni teater, seni tari, kerajinan tangan, dan seni berwawasan teknologi.”


“Seni kontemporer adalah seni yang mengedepankan aspek kebaruan, mulai dari konsep, teknik, media, tema, ide, tempat, dan waktu.”

Diatas adalah simpulan atau garis besar dari dua artikel yang telah saya baca, yakni tentang apa itu seni dan pengertian seni kontemporer. Hampir secara keseluruhan saya sejutu dan sependapat dengan penulis. Meski ada bagian yang menurut saya perlu diperjelas lagi.
Saya sendiri mengakui bahwa seni adalah proses dari manusia yang merupakan ekspresi dari kreativitas manusia itu sendiri. Seni dapat dijadikan sebagai media yang baik dalam berekspresi bagi manusia. Karena memang pada dasarnya bahasa visual terbukti lebih akurat kalau dibandingkan dengan kata-kata atau bahasa verbal. Seperti yang pernah diungkapkan oleh Drs. Popo Iskandar bahwa “Seni adalah hasil ungkapan emosi yang ingin disampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat atau berkelompok”. Lewat seni manusia dapat mengutarakan apa yang ingin disampaikan kepada orang lain secara terang-terangan tanpa ada yang harus disembunyikan.
Seni memiliki bentuk yang beragam, seperti yang disebutkan pada simpulan diatas; seni rupa, seni music, seni teater, seni tari, kerajinan tangan, dan seni berwawasan teknologi. Seperti halnya dengan cinta yang mana kalau kita uraikan secara keseluruhan akan jauh sekali ujungnya. Bahkan bisa-bisa tidak berujung. Karena keduanya tidak hanya berbicara soal teori, tetapi lebih dari itu. Ya, rasa. Kalau menurut pendapat saya pribadi, seni itu sendiri melebur dalam seluruh aspek kehidupan. Dalam hidup, kita tidak dapat dipisahkan dari seni. Begitupun seni yang tidak dapat dipisahkan segala hal yang hidup. Bagi saya segala hasil penciptaan manusia itu mengandung seni; entah itu dari segi ide penciptaan ataupun hasil visualnya.
Nah, yang menurut saya kurang pas dan perlu diperjelas lagi yakni yang berkaitan dengan seni=indah. Hampir di setiap artikel yang serupa pun menyebutkan hal yang sama, seni adalah segala hal yang berhubungan dengan keindahan. Pada awalnya saya juga sama dengan mereka, menurut saya apa pun yang berhubungan dengan seni adalah hal yang indah. Namun berdasarka apa
simbol yang umum digunakan. Kata pak Djuli semakin tidak jelas dan sulit ditafsir semakin baik seni kontemporer itu.

Sumber Referensi
1.      “Seni adalah hasil ungkapan emosi yang ingin disampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat atau berkelompok”. (Drs, Popo Iskandar)
2.      “Seni kontempirer adalah perkembangan seni yang terpengaruh dampak modernisasi yang digunakan sebagi istilah umum sejak istilah “Contemporary Art” berkembang di Barat sebagai produk seni yang dibuat sejak Perang Dunian ke II”. (Wikipedia Bahasa Indonesia)
“Seni kontemporer adalah seni yang terjadi saat ini, seni yang menolak modernisasi, multimedia, multiestetik, multikonsep, dan multitafsir, yang tidak berorientasi pada simbol-simbol umum”. (Dr. Drs. Djuli Djatiprambudi, M.Sn.)
Share on Google Plus

About Key Master Solution

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment