Pengertian Dan Fungsi UTP

Kabel adalah salah satu media transmisi baik digunakan dalam elektronika maupun jaringan inernet. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai salah satu jenis kabel internet yang populer dan memiliki kecepatan transfer yang cukup baik.

Kabel twisted Pair terbagi menjadi dua jenis yaitu Shielded Twisted Pair (STP) dan Unsielded Twisted Pair (UTP). kabel STP adalah jenis kabel yang memiliki selubung  pembungkus sedangkan kabel UTP adalah jenis kabel jaringan yang tidak memiliki selubung pembungkus kabel. Konektor yang digunakan adalah RJ-45 dan RJ-11.


PENGERTIAN KABEL UTP



Pengertian Kabel UTP, Fungsi Kabel UTP, Pengertian Kabel STP, Fungsi Kabel STP , Kabel UTP Cat5/ Cat5e, perbedaan kabel straight dan kabel cross

kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah jenis kabel ini terbuat dari bahan penghantar tembaga, mempunyai isolasi dari plastik & terbungkus oleh bahan isolasi yang dapat melindungi dari api dan juga kerusakan fisik tetapi tidak memiliki pelindung dari interferensi elektromagnetik, namun jenis kabel ini banyak digunakan karena harga yang relatif murah dan fungsinya yang memang sudah sesuai dengan standar yang diharapkan., kabel UTP sendiri terdiri dari 4 pasang inti kabel yang saling berbelit dimana masing-masing pasang mempunyai kode warna berbeda.



Fungsi Kabel UTP

Fungsi kabel UTP adalah digunakan sebagai kabel jaringan LAN (Local Area Network) pada sistem jaringan komputer, dan biasanya kabel UTP mempunyai impedansi kurang lebih 100 ohm, serta dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data.


Karakteristik Kabel UTP adalah:

  • Bagian dalam kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) terdiri dari dua kawat tembaga yang dibagi menjadi 4 pasang (pair), lalu dipilin menjadi satu.
  • Tiap-tiap pair atau dawai kawat tembaga dilapisi insulator yang memiliki warna-warna unik.
  • Kecepatan dan keluaran transmisi mencapai 10 – 100 Mbps.
  • Panjang Kabel UTP maksimal yang diizinkan yaitu 100 meter (pendek).
  • Tegangan Kabel 150 ohm.
  • Kabel jaringan UTP (Unshielded Twisted Pair) hanya bisa menangani satu kanal data (yang bekerja pada baseband).
  • Instalasi jaringan komputer menggunakan kabel Twisted Pair membutuhkan sebuah hub untuk membangun sebuah LAN yang baik.
  • Konektor kabel jaringan UTP (Unshielded Twisted Pair) menggunakan konektor RJ-45 untuk koneksinya.

Kerusakan yang terjadi pada salah satu saluran kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) tidak akan mengganggu jaringan secara keseluruhan. 


PENGERTIAN KABEL STP


Kabel STP adalah jenis kabel telepon yang digunakan dalam beberapa bisnis instalasi. Terdapat pembungkus tambahan untuk tiap pasangan kabel,Kabel STP juga digunakan untuk jaringan Data, digunakan pada jaringan Token-Ring IBM. Pembungkusnya dapat memberikan proteksi yang lebih baik terhadap interferensi.


Fungsi Kabel STP


Fungsi Kabel STP adalah sebagai media transmisi yang digunakan pada beberapa peralatan elektronika untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima supaya dapat melakukan pertukaran data. Beberapa alat elektronika, seperti : telepon, komputer, televisi dan radio membutuhkan media transmisi untuk dapat menerima data. Seperti pada pesawat telepon, media transmisi yang digunakan untuk menghubungkan dua buah telepon adalah kabel. Setiap peralatan elektronika memiliki media transmisi yang berbeda-beda dalam pengiriman datanya.

Kategori kabel Twisted Pair

  • CAT 1 – Kabel UTP Category 1 [Cat1] adalah jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang terendah, didesain untuk mendukung komunikasi suara analog saja.
  • CAT 2 – Kabel UTP Category 2 [Cat2] adalah jenis kabel UTP memiliki kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Cat1, jenis atau kategori ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan juga suara digital. Kabel ini bisa mentransmisikan data sampai 4 megabit/detik.
  • CAT 3 – Kabel UTP Category 3 [Cat3] adalah kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Category 2, jenis atau kategori ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara pada kecepatan hingga 10 megabit per detik.
  • CAT 4 – Kabel UTP Category 4 [Cat4] adalah suatu jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang jauh lebih lebih baik jika dibandingkan dengan kabel UTP Category 3 (Cat3) atau sebelumnya, didesain untuk mendukung komunikasi data dan juga suara sampai kecepatan 16 megabit/detik.
  • CAT 5 – Kabel UTP Category 5 [Cat5] adalah suatu jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik jika dibandingkan dengan kabel UTP Category 4 (Cat4) atau yang sebelumnya, didesain untuk mendukung komunikasi data dan komunikasi suara pada kecepatan sampai 100 megabit/detik.
  • CAT 6 – Kabel UTP Category 6 [Cat6] adalah jenis standar kabel UTP dengan sertifikasi resmi paling tinggi.
  • CAT 7 – Kabel UTP Category 7 [Cat7] adalah jenis kabel premium yang sangat cocok sekali sebagai media yang high traffic berbagai macam aplikasi dalam 1 kabel (single cable). Maksimum data yang terkirim sampai 10 Gbit/detik, dengan frekuensi 1000 Mhz.

Pemberian kategori 1/2/3/4/5/6 merupakan kategori spesifikasi untuk masing-masing kabel tembaga dan juga untuk jack. Masing-masing merupakan seri revisi atas kualitas kabel UTP maupun kabel STP, kualitas kabel pembungkus (isolator) dan untuk kualitas belitan (twist) masing-masing kabel. Pada CAT 5 dan CAT 5enchanced mempunyai standar industry yang sama namun pada CAT 5 sudah dilengkapi dengan insulator untuk mengurangi efek induksi atau electromagnetic interference.kak menghubungkan netbel CAT 5e bisa digunakan network hingga kecepatn 1 Gbps.

Kabel UTP (CAT5 / CAT5e)


Kategori kabel utp cat5/cat5e yang reliable dan memiliki kompabilitas yang tinggi, dan yang paling disarankan baik pada 10 Mbps dan fast Ethernet (100 Mbps). Konektor yang dapat digunakan untuk UTP CAT5 adalah RJ-45.

Standard Kabel Twisted Pair


Pengertian Kabel UTP, Fungsi Kabel UTP, Pengertian Kabel STP, Fungsi Kabel STP , Kabel UTP Cat5/ Cat5e, perbedaan kabel straight dan kabel cross



Perbedaan  kabel Straigh dan kabel Cross 


Pada dunia Teknologi yang sangat suka dengan jaringan maka tidak heran lagi mendengar yang namanya Kabel straight dan kabel cross yang menjadi penghubung sebuah komputer atau laptop dengan berbagai jenis alat lainnya.

a.   Kabel Straight


Kabel Straight adalah kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan jenis hardware yang berbeda.

Contoh penggunaan kabel straight adalah: 

  • Menghubungkan antara komputer dengan switch
  • Menghubungkan komputer dengan LAN pada modem cable/DSL
  • Menghubungkan router dengan LAN pada modem cable/DSL
  • Menghubungkan switch ke router
  • Menghubungkan hub ke router

Standar pemasangan kabel Cross dengan RJ-45   


Pengertian Kabel UTP, Fungsi Kabel UTP, Pengertian Kabel STP, Fungsi Kabel STP , Kabel UTP Cat5/ Cat5e, perbedaan kabel straight dan kabel cross

  b.  Kabel Cross


Kabel Cross adalah kabel Jaringan yang memiliki nama kabel crossover yang digunakan untuk menghubungkan jenis hardware yang sejenis.

Contoh penggunaan kabel cross adalah 

  • Menghubungkan 2 buah komputer secara langsung
  • Menghubungkan 2 buah switch
  • Menghubungkan 2 buah hub
  • Menghubungkan switch dengan hub
  • Menghubungkan komputer dengan router

Standar pemasangan kabel Cross dengan RJ-45


Pengertian Kabel UTP, Fungsi Kabel UTP, Pengertian Kabel STP, Fungsi Kabel STP , Kabel UTP Cat5/ Cat5e, perbedaan kabel straight dan kabel cross
  
Jadi kedua kabel Twisted Pair yaitu kabel utp maupun kabel stp memiliki type dan fungsi yang berbeda begitu juga dalam standard pemasangan antara kabel straigh dan kabel cross.
 
Share on Google Plus

About Key Master Solution

Coba menekunin apapun yang kamu kerjakan.

0 comments:

Post a Comment